Ayo Ketahui… Perbedaan Kurikulum 13 dengan Kurikulum Merdeka 2023

 


PENDIDIKAN - Program Merdeka merupakan program baru yang diluncurkan pada Februari 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kurikulum sering berubah tergantung pada kebutuhan dan latar belakang siswa pada tahun tertentu. Sebagai bagian dari program belajar mandiri yang digulirkan di masa pandemi Covid-19, banyak terjadi learning loss di kalangan siswa, oleh karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program belajar mandiri yang menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

Baik program Merdeka maupun program tahun 2013 bertujuan untuk mengembangkan siswa menjadi pembelajar yang inovatif dan kreatif serta mempercepat proses pendidikan.

Diantara Perbedaanya Sebagai Berikut dilansir Kurikulum Kemendigbud.

1. Kerangka Dasar 

Rancangan landasan utama dari Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 sama-sama tujuan sisdiknas dan standar perguruan tinggi. Bedanya, Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada pengembangan profil pelajar Pancasila terhadap peserta didik.

2. Kompetensi yang dituju

Dalam K13, untuk mencapai standar isi, dibentuk Kompetensi Dasar (KD) yang dikelompokkan kepada Kompetensi Isi (KI) yang terdiri dari sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan

Sedangkan di Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran disusun per fase dan dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, serta keterampilan untuk mencapai, menguatkan dan meningkatkan kompetensi. 

Fase dibagi per tingkatan, seperti Paud Fase 1 atau Fondasi, SD/Sederajat Fase A, B dan C, SMP/Sederajat Fase D serta SMA/Sederajat Fase E dan F.

3.     Pembelajaran

Di K13, pembelajaran hanya berfokus pada intrakurikuler (tatap muka) dan untuk kegiatan kokurikuler dialokasikan 50 persen di luar jam tatap muka.

Sedangkan di Kurikulum Merdeka, pembelajaran intrakurikuler sekitar 70-80 persen dari jam pelajaran dan kokurikuler melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

4.     Penilaian

Di K13, penilaian dibagi menjadi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kemudian, penilaian juga menguatkan pelaksanaan penilaian autentik pada setiap mata pelajaran.

Sedangkan di Kurikulum Merdeka, tidak ada pembagian penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Lalu, penilaian menguatkan pelaksanaan penilaian autentik terutama dalam proyek penguatan profil Pancasila.

5.     Struktur Kurikulum

Jam pelajaran dalam K13 diatur per minggu, sedangkan di Kurikulum Mereka jam pelajaran diatur per tahun. 

6.     Perangkat Ajar

Perangkat ajar Kurikulum 2013, yaitu buku teks dan nonteks dan bahan ajar yang dikembangkan direktorat SMK. Dalam Kurikulum Merdeka menggunakan buku teks dan nonteks, contoh modul ajar, alur tujuan, contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila dan contoh kurikulum operasional satuan Pendidikan.

Sederhananya, kurikulum Merdeka lebih menitikberatkan pada materi inti dan pengembangan karakterdanprofil mahasiswa Pancasila. Program ini menawarkan keleluasaan bagi guru dalam memilih sumber belajar sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat belajar siswa. (*)

Editor : Ndi

0 Komentar