Gempa Berkekuatan 5.0 Magnitudo Guncang Kabupaten Mukomuko

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi gempar berlokasi pada 3.56 Lintang Selatan, 101.18 Bujur Timur, dengan pusat gempa berada di laut 109 kilometer tenggara Mukomuko dengan kekuatan 5.0 magnitudo. Kamis. (10/8).

Kedalaman gempa 10 kilometer dan dirasakan dengan skala MMI III di Mukomuko, Skala MMI III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Dalam siaran pers BMKG disebutkan bahwa gempa ini masuk kategori gempa bumi dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," dikutip dari info BMKG.

BMKG juga menyatakan gempa Mukomuko tidak berpotensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Masyarakat juga diminta tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*)





0 Komentar