Obtimalisasi Pengunaan Dana Desa dan Ketahanan Pangan Skala Desa Pemdes Pahlawan Belui Bagikan Bibit Kewarga

 

KERINCI – Dana desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Prioritaspenggunaan dana desa didasarkan pada prinsip-prinsip: keadilan, dengan mengutamakan hak atau kepentingan seluruh warga desa tanpa membeda-bedakan; kebutuhan prioritas, dengan mendahulukan yang kepentingan desa yang lebih mendesak, lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan sebagian besar masyarakat desa; dan tipologi desa, dengan mempertimbangkan keadaan dan kenyataan karakteristik geografis, sosiologis, antropologis, ekonomi, dan ekologi desa yang khas, serta perubahan atau perkembangan kemajuan desa.

Dalam upaya pengobtimalisasi pengunaan dana desa sesuai yang telah di amanatkan oleh pemerintah pusat dan daerah kepada pemerintah desa baik dibidang pembangunan mapun bidang lainnya ada beberapa hal yang menjadi pokok prioritas pengunaan dana desa tahun 2023 salah satunya terkait permasalahan ketahanan pangan skala desa.

Hal ini lah yang menjadi dasar pemerintah desa pahlawan belui dalam melaksanakan kegiatan dibidang pembangunan ketahanan pangan yang ada didesa pahlawan belui kecamatan depati tujuh kabupaten Kerinci yang dimana pemerintah desa pahlawan belui menyalurkan bantuan bibit dan pupuk bagi masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kepala desa Pahlawan Belui, Pendi Kariawan DPT pada hari ini (21/08) menyalurkan bibit dan pupuk padi unggulan, dan bibit jeruk manis bagi 160 kepala keluarga di desa pahlawan belui kecamatan depati tujuh kabupaten kerinci yang bersumber pada dana desa tahun 2023.

“ Lebih kurang 160 Kepala keluarga telah mendapatkan bantuan dari pemerintah desa guna menopang ketahanan pangan skala desa dan meningkatkan ekonomi keluarga” Ujarnya.

Ia juga mengharapkan dengan adanya bantuan bibit dan pupuk ini warga desa pahlawan belui bisa memamfaatkan bibit tersebut dengan baik dan mampu menjadikan bibit padi dan jeruk sebagai komuditi didesa dan mampu menopang ekonomi keluarga.

“ kami mengharapkan dengan adanya bantuan ini warga desa pahlawan belui bisa bercocok tanam dan membudidayakan tanaman dengan baik dan mampu menopang perekonomian warga dan hasilnya nanti bisa dinikmati oleh warga,” Tutupnya. (*)

 


0 Komentar