Pengamat: Maju Jadi 01 dari Hilir Tafyani Kasim akan diuntungkan



SORAKLINTERA, KERINCI - Majunya Tafyani Kasim menjadi calon Bupati dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci, menjadi modal bagi Kerinci wilayah bagian Hilir, untuk memenangkan Pesta Demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang.

Kendati dari wilayah Hilir maju Dua orang calon Wakil Bupati yakni Murison dan Aswanto, namun masyarakat akan lebih cenderung akan mendukung untuk 01 dari wilayah bagian Hilir.

Banyak alasan masyarakat akan mendukung 01 dari wilayah Hilir, seperti kewenangan Bupati dan Wakil Bupati tidak sama, karena yang memiliki kewenangan cukup besar termasuk kebijakan adalah Bupatinya.

Pengamat Politik Jambi, Citra Dalminto saat dimintai analisisnya belum lama ini mengatakan bahwa, majunya Empat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, secara peta wilayah Tafyani Kasim akan diuntungkan dengan maju menjadi 01 dari wilayah Hilir.

"Secara peta politik Tafyani Kasim, kalau secara popularitas juga sudah dikenal, popularitas sudah cukup tinggi lah di hilir. Apalagi Kerinci Hilir ini sudah lama menginginkan ada wakil mereka di 01 makanya suara pemisahan Kerinci Hilir dan Mudik sudah berkembang lama,"jelasnya.

Citra mengatakan majunya 2 pasangan Calon dari Siulak menjadi 01 yakni Monadi dan Darmadi menurutnya basis Siulak tidak akan bulat ke Satu calon tentu akan terpecah. "Tentu dukungan akan terpecah karena maju 01, jadi nanti tentu Tafyani akan diuntungkan. Cuma sekarang bagaimana mendapatkan dukungan dari wilayah Tengah dan mudik, sehingga masuk basis lawan,"Sebutnya.

Lantas bagaimana peluang Calon Wakil atau 02 dari wilayah bagian Hilir yakni Morison dan Aswanto ? Kata Citra, tentu akan tidak maksimal dukungannya karena masyarakat akan cenderung memilih 01.

"Secara Historis sosiologis masyarakat Kerinci bagian Hilir ini menginginkan ada calon di 01, saya rasa Tafyani Kasim ini akan diuntungkan di 01, sehingga bisa lebih banyak mendukung 01. Kalau untuk calon 02 tentunya tidak maksimal hanya di basis tertentu saja atau di basis keluarga saja, karena 01 itu ada disitu,"ujarnya.

Selain itu, dengan Tafyani mengambil Ezi Kurniawan yang diambil sebagai calon wakil di Ado Kayu Aro, tentu akan menambah dukungan bagi Tafyani, karena hanya Satu orang keterwakilan dari Kayu Aro. "Sedangkan Calon Wakil Tafyani di kayu Aro diharapkan di kayu Aro bisa mengait dukungan Milenial dan masyarakat keturunan Jawa di Kayu Aro,"tambahnya.

Namun, semuanya itu kata Dosen Universitas Jambi ini, tidak terlepas dari peran semua baik mesin politik, tim sukses dan strategi yang dimainkan. "Semua dari peran mesin politik, tim sukses dan strategi bagaimana melihat kondisi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin,"tandasnya.(***/Suf)

0 Komentar